Home / Berita / KPU Sibolga Umumkan Pendaftaran Pemantau Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota

KPU Sibolga Umumkan Pendaftaran Pemantau Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota

Asa Dame Simanjuntak, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sibolga (Dessy)

Asa Dame Simanjuntak, Koordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Sibolga (Dessy)

 

SIBOLGA| Komisi Pemilihan Umum Kota Sibolga pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga yang direncanakan digelar pada hari Rabu, (9/12) membuka pendaftaran Pemantau Pemilihan sesuai surat Komisi Pemilihan Umum Kota Sibolga nomor 270/227.1/KPU-SBG 2015 tentang Pendaftaran Pemantau Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga Tahun 2015.

Hal ini disampaikan Ketua KPU Kota Sibolga, Nadzran melalui Divisi Hukum dan Pengawasan, Asa Dame Simajuntak. “Pendaftaran pemantau pemilihan dimulai 1 Mei sampai 2 November, bertempat di Kantor KPU Sibolga Jalan S. Parman No. 55 Sibolga. Pendaftaran dibuka dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Syarat pemantau meliputi bahwa lembaga bersifat independen, mempunyai sumber dana yang jelas dan terdaftar serta memperoleh akreditas dari KPU Kota Sibolga. Pemantau pemilihan ini terdiri dari organisasi kemasyarakatan pemantau pemilihan dalam negeri yang terdaftar di Pemerintah dan juga lembaga pemantau pemilihan asing,” jelas Asa Dame.

Kordinator Divisi Hukum ini menambahkan bahwa organisasi atau lembaga pemantau harus melengkapi administrasi pendaftaran diantaranya, mengisi formulir pendaftaran, menyertakan profil organisasi, nama dan jumlah anggota pemantau, alokasi anggota pemantau pemilihan Walikota dan Wakil Walikota di masing-masing Kecamatan, dan rencana dan jadwal kegiatan pemantauan di daerah pemilihan serta melampirkan pasfoto terbaru pengurus lembaga pemantau demikian juga sumber dana dari lembaga atau organisasi pemantau, tukas  Asa Dame Simajuntak.

“ KPU Kota Sibolga berharap kepada lembaga asing yang ingin memantau pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2015, mempunyai kompetensi dan pengamalam sebagai pemantau pemilihan di negara lain yang dibuktikan dengan surat pernyataan dari organisasi pemantau yang bersangkutan atau dari pemerintah negara lain tempat yang bersangkutan pernah melakukan pemantauan. Memperoleh visa untuk menjadi pematau dari Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri dan memenuhi tata cara melakukan pemantauan yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undang, pungkas Simajuntak. (Dessy)

Pengumuman dapat diunduh disini Pengumuman Pemantau Pemilihan

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top