replika saatler boatwatches.com https://www.cloneswatches.com copieswatches.com datewatches.com fakerolex.is gradewatches.com hublot replica replica richard mille perfectwatches.is
Home / Berita / KPU Sumut Road Show Pelatihan Humas dan Website

KPU Sumut Road Show Pelatihan Humas dan Website

Pelatihan-WebsiteKomisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Utara menggelar road show pelatihan kehumasan dan website di seluruh KPU Kabupaten/Kota di Sumatera Utara. Kegiatan ini digelar di beberapa zona dengan melibatkan sejumlah KPU Kabupaten/Kota yang terdekat. Koordinator Divisi Sosialisasi dan Data KPU Sumut, Yulhasni mengatakan, pelatihan tersebut dalam rangka meningkatkan profesionalisme penyelenggara Pemilu di Sumatera Utara, terutama dalam hal keterbukaan informasi.

Yulhasni menjelaskan, UU No 14 Tahun 2008 tentang Kebebasan Informasi dan Peraturan Komisi Informasi (PerKI) No 1 Tahun 2014 tentang Standar Layanan dan Prosedur Pelayanan Sengketa Informasi Pemilihan Umum, merupakan regulasi yang harus menjadi standar operasional KPU dalam memberikan akses informasi ke masyarakat.

‘’KPU pada tiap tingkatan harus jadi contoh lembaga publik dalam implementasi UU Kebebasan Informasi,’’jelas Yulhasni.

Pelatihan tersebut, papar Yulhasni, sudah digelar di dua zona, yakni Zona Tabagsel dan Zona Medan. Untuk Zona Tabagsel diikuti KPU Tapsel, KPU Sidimpuan, KPU Padanglawas, KPU Padanglawas Utara, dan KPU Mandailing Natal. Kegiatan tersebut dipusatkan di Kantor KPU Tapanuli Selatan.

Sementara di Zona Medan diikuti KPU Medan, KPU Langkat, KPU Binjai, KPU Tebingtinggi, KPU Deli Serdang, dan KPU Serdang Bedagai dipusatkan di Kantor KPU Sumut. ‘’Dalam pelatihan itu kita memberikan pemahaman tentang UU Kebebasan Informasi, regulasi tentang keterbukaan informasi, dan bagaimana tatacara melayani masyarakat dalam hal permintaan informasi,’’papar Yulhasni.

Yulhasni memaparkan, menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 23 Kabupaten/Kota di Indonesia, penyelenggara Pilkada tidak hanya akan berhadapan dengan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), akan tetapi juga sangat berpotensi untuk diadukan ke Komisi Informasi jika tidak memberikan pelayanan informasi sebagaimana telah diatur dalam UU tersebut. ‘’Makanya kita sangat menekankan pentingnya setiap KPU Kabupaten/Kota memiliki website, sebagai salah satu cara memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat,’’kata Yulhasni.

Seluruh komisioner KPU Sumut memberikan berbagai materi tentang kehumasan tersebut. Benget M Silitonga (Kordinator Divisi Teknis) menjelaskan tentang berbagai regulasi terkait informasi publik, Evi Novida Ginting (Kordinator Divisi Hukum) memberikan materi terkait dampak-dampak hukum terkait aspek pengabaian pelayanan informasi, Nazir Salim Manik (Divisi SDM/Logistik) memberikan materi terkait penguatan SDM kehumasan di satuan kerja KPU Kabupaten/Kota.

‘’Semua kegiatan ini merupakan langkah preventif, terutama bagi mereka yang menggelar Pilkada pada Desember mendatang,’’ujar Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea saat pembukaan pelatihan di Padangsidimpuan. Ia mengatakan, sudah menjadi kewajiban bagi KPU di Sumatera Utara membuat website agar ke depannya segala informasi akan mudah diakses oleh masyarakat. ‘’Jadi tidak ada alasan lagi misalnya jika ada anggapan bahwa KPU sebagai lembaga publik tidak akomodatif terhadap permintaan informasi dari siapa pun,’’kata Mulia.

Pelatihan kehumasan dan website tersebut, ujar Mulia, diikuti oleh ketua, divisi sosialisasi/data dan operator website di masing-masing KPU Kabupaten/Kota. Khusus untuk pengelolaan website, kata Mulia, pihaknya menggandeng Muslim Ramli, praktisi yang selama ini diperbanntukan Perludem untuk membantu pengelolaan media center dan website di KPU Sumut. (**)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top