Home / Berita / PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SIBOLGA : “ 9.504 DUKUNGAN JALUR PERSEORANGAN”

PEMILIHAN WALIKOTA DAN WAKIL WALIKOTA SIBOLGA : “ 9.504 DUKUNGAN JALUR PERSEORANGAN”

Aswin Caniago, Koordinator Divisi Sosialisasi dan Data (Dessy)

Aswin Caniago, Koordinator Divisi Sosialisasi dan Data (Dessy)

 

SIBOLGA | Sesuai dengan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Kota Sibolga Nomor 273/001-KWK/KPU-SBG/2015 tentang Penetapan Persentase Perolehan Kursi dan Perolehan Suara Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014 Tingkat Kota Sibolga sebagai syarat pendaftaran pasangan bakal calon perseorangan sebagai syarat pendaftaran pasangan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Sibolga dalam Penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga Tahun 2015, maka berdasarkan data Agregat Kependudukan Per Kecamatan ( DAK2) per tanggal 17 April 2015 adalah sebanyak 95.035 (Sembilan puluh lima ribu tiga puluh lima) jiwa. Maka syarat dukungan perseorangan berdasarkan jumlah penduduk kota Sibolga sebesar 10 persen dikali 95.035 maka dukungan yang dibutuhkan 9.504 dukungan dibuktikan dengan surat dukungan dan fotocopy KTP, Paspor dan lain-lain yang sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan.

Pernyataan ini disampaikan Ketua KPU Kota Sibolga, melalui Divisi Sosialisasi dan Data, Aswin Caniago di kantornya, Jl. S. Parman 55 Sibolga. “ KPU Kota Sibolga sudah menetapkan Keputusan tentang syarat dukungan perseorangan yang akan maju pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga yang akan digelar pada hari Rabu, 9 Desember mendatang demikian juga untuk pasangan calon yang akan diusung partai politik atau gabungan partai politik. Sementara dari partai Politik, memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah yakni 20% x 20 kursi = 4 kursi atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu anggota DPRD Kota Sibolga, yakni 11.770 suara sah.

“Jadi pasangan calon dari Partai Politik atau Gabungan Partai Politik yang mengusulkan pasangan bakal calon menggunakan ketentuan memperoleh paling sedikit 25 persen dari akumulasi suara sah, dan hanya dapat mengajukan satu pasangan calon kepada KPU Kota Sibolga. Sementara dari pasangan perseorangan, pasangan calon telah memenuhi persyaratan jumlah dukungan sebanyak 10 persen dari jumlah penduduk kota Sibolga yaitu sebanyak 9.504 dukungan dibuktikan dengan KTP Elektronik, KK, Paspor atau identitas lainnya yang sah berdasarkan peraturan perundang-undangan”, jelas Aswin .

Sementara itu, Salmon Tambunan, selaku divisi Teknis menambahkan bahwa pengumuman jalur perseorangan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum No. 2 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan bahwa pengumuman penyerahan syarat dukungan dimulai tanggal 24 Mei sampai dengan 7 juni mendatang. Sedangkan untuk pendaftaran akan dimulai tanggal 26- 28 Juli 2015 . “ Untuk jalur perseorangan maka KPU akan mengumumkan penyerahan syarat dukungan perseorangan pada akhir Mei sampai Juni dan pendaftaran dilakukan akhir Juli mendatang,” tandasnya. (Dessy)

Keputusan dapat diunduh disini  Keputusan tentang Syarat Dukungan Bakal Calon

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top