Home / Berita / RAKOR MUTARLIH PPK DAN PPS PILKADA SIBOLGA

RAKOR MUTARLIH PPK DAN PPS PILKADA SIBOLGA

Ketua KPU Sibolga; Nadzran, SE,M.MPd sedang memberi pengarahan kepada PPK dan PPS.

Ketua KPU Sibolga; Nadzran, SE,M.MPd sedang memberi pengarahan kepada PPK dan PPS.

 

SIBOLGA | Sesuai dengan tahapan dalam pelaksanaan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga yang direncanakan digelar Rabu, 9 Desember mendatang, salah satu elemen penting dalam pelaksanaan pesta rakyat satu kali dalam lima tahun ini, DPT (Daftar Pemilih Tetap) perlu diverifikasi oleh PPK, PPS dan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) yang akan direkrut oleh PPS sampai 12 Juli mendatang. Hal ini disampaiakn Ketua KPU Kota Sibolga, Nadzran pada acara rapat koordinasi PPK dan PPS, sekota Sibolga, Sabtu, (27/6) di ruang pertemuan KPU Sibolga.

“Berhubung pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2015 tidak ada yang mendaftar dari jalur perseorangan, maka PPK dan PPS diharapkan dapat melakukan pemutahiran pemilih yang bersumber dari Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) kota Sibolga dan hasilnya diharapkan lebih baik dari daerah yang sedang melaksanakan verifikasi dukungan perseorangan”, terangnya.

Sementara itu, Divisi Sosialisasi dan Data, Aswin Caniago menyampaikan dalam pertemuan tersebut, agar PPK dan PPS melakukan tugas dan fungsinya dalam pemutahiran data pemilih ini. Berdasarkan DP4 Kota Sibolga yang telah diterima ada 76.142 pemilih, dan data ini naik dari jumlah DPT Pilpres yang lalu sebesar 14.047 orang. “Dengan adanya peningkatan daftar pemilih berdasarkan DP4 ini, maka PPS ketika akan merekrut PPDP agar memperhatikan keseriusan dan integritasnya, jangan asal pilih, sehingga tugas yang diembannya jadi terabaikan,” jelasnya.

Sedangkan anggota KPU Kota Sibolga, Salmon Tambunan, Koordinator Divisi Teknis, mengatakan bahwa masalah DPT salah satu elemen penting dalam pemilihan. Jadi untuk itu, kita berharap semua penyelenggara PPK, PPS dan nantinya PPDP harus berkomitmen kuat untuk melakukan pemutahiran dan penyusunan daftar pemilih yang lebih baik agar tercipta daftar pemilih yang komprehensif, akurat, dan terupdate (terkini) tanpa intervensi dari pihak manapun. PPS memiliki peranan penting dalam penyusunan daftar pemilih, yaitu kewenangan PPS dalam proses pemutahiran data pemilih Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga tahun 2015 sangat besar. Mulai dari entry data, memperbaiki data pemilih (menghapus, menambah, dan memperbaiki), mengumumkan daftar pemilih kepada masyarakat. Kedua PPS menjadi ujung tombak kedua bagi KPU Kota Sibolga , setelah PPDP, yang langsung berhubungan dengan pemilih, pungkas Tambunan. Turut hadir dalam pertemuan ini, Asa Dame Simajuntak, Aminsyah Simamora, Sekretaris KPU Kota Sibolga, Inchawadi Tanjung.

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top