Home / Berita / SIMULASI PUTUNGSUARA DI KECAMATAN SIBOLGA SELATAN “ Pemilih tidak dilayani KPPS karena sudah lewat Waktu”

SIMULASI PUTUNGSUARA DI KECAMATAN SIBOLGA SELATAN “ Pemilih tidak dilayani KPPS karena sudah lewat Waktu”

Ketua PPK Sibolga Selatan, Ade Sofian menunjukan contoh surat suara untuk menyatakan suara sah dan tidak sah pada saat penghitungan suara di TPS.

Ketua PPK Sibolga Selatan, Ade Sofian menunjukan contoh surat suara untuk menyatakan suara sah dan tidak sah pada saat penghitungan suara di TPS.

SIBOLGA | Salah seorang pemilih tidak dilayani memilih di TPS X, karena datang terlambat, dan rapat pemungutan suara telah ditutup ketua KPPS tepat pukul 13.00 WIB. Pemilih tersebut memaksa untuk memberikan hak pilihnya namun karena sudah melewati waktu, dan ketua KPPS meminta pendapat dari pengawas TPS, akhirnya pemilih dapat menerima keterlambatannya dan penghitungan suara di TPS akhirnya dilanjutkan. Inilah salah satu kejadian yang terjadi pada acara Simulasi Pemungutan dan Penghitungan suara yang dilakukan PPK kecamatan Sibolga Selatan.

Kegiatan yang dibuka Ketua PPK, Ade Sofian menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan program dari KPU Kota Sibolga yang akan digilir di empat kecamatan di kota Sibolga. Tujuan kegiatan ini, agar masyarakat memahami prosedur dan KPPS bisa menjalankan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.
Sementara itu, Ketua KPU Sibolga, Nadzran menyampaikan agar pelaksanaan Pemungutan dan penghitungan suara di TPS benar-benar dilakukan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan. “ Kalau ada pemilih yang masih memiliki waktu agar segera melapor kepada petugas KPPS agar didaftarkan kendati waktu sudah habis, namun sudah antri, ini harus diselesaikan oleh KPPS sampai semua yang telah terdaftar terlayani.
Sedangkan komisioner bidang teknis, Salmon Tambunan menambahkan bahwa setelah pemungutan suara di TPS, maka kotak suara akan diantar ke kelurahan dan dikumpulkan seluruh kotak suara dan selanjutkan akan diteruskan ke PPK di kecamatan sesuai dengan PKPU No. 10 tahun 2015. “ Kita berharap agar seluruh penyelenggara mulai dari PPK, PPS, dan KPPS benar-benar memahami tata cara pemungutan dan penghitungan serta proses rekapitulasi di Kecamatan nantinya, tandasnya.
sosialisasi pencoblosan_1

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top