Home / Berita / Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada, KPU Pembina Upacara di SMA 1 Sibolga

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pilkada, KPU Pembina Upacara di SMA 1 Sibolga

Salmon Tambunan menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Sibolga dalam rangka sosialisasi partisipasi pemilih pemula (Dok. Pribadi)

Salmon Tambunan menjadi pembina upacara di SMA Negeri 1 Sibolga dalam rangka sosialisasi partisipasi pemilih pemula (Dok. Pribadi)

SIBOLGA |Komisi Pemilihan Umum Kota Sibolga, mengadakan sosialisasi kepada Pemilih Pemula dengan menjadi Pembina Upacara di SMA Negeri 1 Sibolga yang dihadiri Salmon Tambunan, S.Pd, M.Pd selaku Pembina Upacara, Senin (9/11). Adapun topik yang disampaikan pada kegiatan sosialisasi ini “ Pemilih Pemula dalam meningkatkan  Partisipasi pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga Tahun 2015”.

“Pemilih Pemula adalah warga negara Indonesia yang telah berumur 17 Tahun pada hari pencoblosan atau yang sudah menikah dan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).  Pemilih Pemula dalam setiap pesta demokrasi, baik itu pemilihan DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kota Sibolga serta Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Sibolga yang akan digelar pada hari Rabu, 9 Desember mendatang sangat memberikan kontribusi yang sangat signifikan kurang lebih 10 -20 persen”, ujar Tambunan dari depan podium.

Tambunan menambahkan berdasarkan PKPU No. 4 Tahun 2015, pemilih harus memenuhi syarat diantaranya, tidak sedang terganggu jiwa/ ingatannya, tidak dicabut hak pilihnya, berdomisili di kota Sibolga paling kurang 6 bulan sebelum disahkan Daftar Pemilih Sementara. Pemilih pemula akan memberikan hak suaranya pertama kali, harus sadar akan pentingnya demokrasi. Pemilih pemula juga disebut sebagai “ Agent of Change” ( Agen Pembaharuan) yang akan menentukan masa depan bangsa demikian juga di kota Sibolga sebagai kota berbilang kaum yang terdiri berbagai suku, agama seperti dikutip dari Tokoh Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno mengatakan “berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia”, ujar Salmon Tambunan mantan guru berprestasi tingkat nasional ini.

Ia memberikan beberapa tips cerdas untuk memilih diantaranya, agar para siswa yang duduk di Kelas XI dan XII memastikan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap, dengan melihat DPT yang ditempel di kantor-kantor Kelurahan atau datang langsung ke KPU Kota Sibolga serta dapat juga mengakses di Situs KPU. Pemilih Pemula juga diharapkan agar mengenali calon pemimpinnya, dimana sebelum menentukan pilihannya agar mengetahui rekam jejak calon yang akan dipilih dengan cara melalui Alat Peraga Kampanye, Bahan Kampanye demikian juga melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Sibolga. Dan yang berikutnya para siswa diharapkan mengetahui program, visi dan misi dari calon yang akan dipilih dan untuk memastikan pilihannya dapat mendiskusikan pilihannya dengan berbagai unsur masyarakat sehingga data dan informasi tersebut dapat memperkaya dan dapat menjadi dasar yang kuat dalam menentukan pilihannya, pungkas Tambunan sembari menghimbau agar pemilih yang memenuhi syarat datang ke TPS pada tanggal 9 Desember mendatang.

Upacara yang dihadiri, Kepala sekolah SMA Negeri 1 Sibolga, Gunung Lubis, Wakil Kepala Sekolah, Dewan Guru dan Siswa-siswi SMA Negeri 1 Sibolga berlangsung dengan hikmad dan para siswa sangat antusias mendengarkan topik yang disampaikan dari KPU Kota Sibolga.

siswa SMA Negeri 1 Sibolga yang mengikuti upacara bendera (Dok. Pribadi)

siswa SMA Negeri 1 Sibolga yang mengikuti upacara bendera (Dok. Pribadi)

 

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Scroll To Top